Report question

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Bagaimana meningkatkan penjualan melalui media sosial

Sign in to answer

18 answers

Selamat siang, semoga bisa membantu. Memang penjualan melalui media sosial itu memiliki prosesnya sendiri. Hal yang bisa membantu meningkatkan penjualan seperti menganalisa atau meriset terlebih dahulu produk yang laris di masyarakat yang berhubungan dengan usaha yang dibuat, membuat branding usaha, menentukan target pasar, menggunakan foto produk yang jelas dan menarik, dan memperbanyak pertemanan sehingga produk yang dibawa semakin dikenal, serta ada juga teknik2 yang lain yang lebih teknis sehingga perlu adanya step by step untuk proses ini. Jika membantu atau masih ada yang ingin ditanyakan bisa langsung bertanya. Terima kasih.

Report RICHARD AXEL CHRISNANDY JUVENS's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Halo, selamat siang ibu Hesti, izin menjawab ya. Dalam penjualan melalui media sosial ada beberapa aspek yang harus kita cermati, dimulai dari jenis sosial media yang kita gunakan, konten apa yang kita sajikan, produk apa yang kita jual dan siapa target pasar kita. Aspek-aspek tersebut harus saling berhubungan sehingga pemasaran produk akan lebih efisien. Untuk pemilihan sosial media yang tepat atau penyajian konten yang memiliki daya tariknya pun ada langkah-langkahnya. Semoga jawaban saya dapat membantu, jika masih kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, bisa langsung bertanya. Terima kasih.

Report Kamila's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Assalamualaikum Bu Hesti, izin menjawab ya. Sebelum meningkatkan penjualan, bu hesti harus lihat terlebih dahulu pembeli ibu itu terbanyak di rentang umur berapa. Misalkan pembeli bu hesti kebanyakan di kalangan ibu-ibu pengajian, nah bu hesti bisa mulai mempromosikannya terlebih dahulu dengan ibu-ibu itu, lalu meminta mereka untuk memfollow social media jualannya bu hesti. Nah di social media tersebut bu hesti bisa isi dengan produk jualan atau konten-konten yang sekiranya berhubungan dengan produk yang bu hesti jual. Usahakan foto produknya yang kualitasnya tinggi dan pencahayaannya bagus. Kemudian bu hesti juga harus rutin memposting di social media supaya orang tau kalo bu hesti itu lagi jualan. Bu hesti juga bisa menerapkan diskon saat tanggal kembar seperti 5.5 dapat diskon 5%. Jawab juga pertanyaan dari cutomer dengan baik dan menyenangkan. Semoga jawaban saya membantu ya bu. Semangat bu jualannya

Report Anugerah Tirta Kenanga's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Halo, Salam Sejahtera ibu Hesti Noviani. Perkenalkan saya Regina Putri Rahmawati. Sebelumnya izinkan saya untuk memberikan jawaban terkait pertanyaan yang ibu tanyakan. Seperti yang kita tahu, sosial Media sudah menjadi media untuk promosi atau memperkenalkan produk bisnis. Banyak perusahaan sudah mengalihkan biaya promosi khusus untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas di media sosial. Namun, meningkatkan penjualan di media sosial sulit, butuh strategi yang tepat dan sedikit kesabaran dalam membangun pasar. Berikut ini ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan di media sosial : 1. Tentukan jenis Media Sosial Jenis sosial media pun perlu diperhatikan, tiap sosial media punya karakternya masing-masing. Twitter memiliki karakter young karena memang sebagian besar penggunanya adalah usia muda, dan digunakan untuk informasi saja. Sedangkan facebook di Indonesia memiliki karakter pengguna yang lebih tua usianya dan bervariatif dari pada twitter. Banyak orang tua yang baru memiliki dan aktif menggunakan facebook. linkedIn memiliki karaker pengguna yang professional, pekerja, dan berbasis profesi. Instagram memiliki karakter mirip twitter. Sedangkan youtube memiliki pengguna yang lebih luas dan umum, namun harus memiliki kemampuan dalam pembuatan video. Bila tampilan video biasa saja, bahkan tidak menarik, maka jangkauan target pasar tidak akan terpenuhi. 2. Fokus Pada Target yang ingin dicapai Target yang dimaksud tidak hanya target penjualan, tapi juga target promosi. Apa saja yang ingin dicapai? Followers kah? Likers kah? Interaksi kah? atau penjualan?. Bila target langsung ke penjualan, maka seluruh parameter tadi harus tercapai semua dengan baik, sehingga, effort pun lebih tinggi dibandingkan target dan tidak hanya followers atau likers yang banyak terlebih dahulu. 3. Kreativitas Semakin banyak penggunaan media sosial sebagai tempat penjualan maka semakin banyak juga persaingan yang akan dihadapi. Maka dari itu agar memiliki pembeda dari yang lain, cara yang dapat digunakan yaitu dengan buatlah program promo yang kreatif, beda, dan memberi value bagi konsumen. Quiz, contest, dan gerakan-gerakan campaign marketing bisa menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan variasi. 4. Evaluasi Strategi Setelah melakukan beberapa strategi dalam pemasaran di media sosial di atas, Evaluasi mutlak harus dilakukan. Evaluasi apakah seluruh strategi kita di media sosial bisa mendatangkan konsumen, apakah bisa memancing interaksi aktif, apakah bisa mendatangkan penjualan? Apa jangan-jangan strategi yang kita lakukan malah tidak mendatangkan perubahan. Evaluasi lagi seluruh kekurangan-kekurangan untuk diperbaiki di waktu lain. Semoga jawaban ini dapat membantu.

Report REGINA's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Halo ka Hesti, perkenalkan saya Salma. Saya izin menjawab pertanyaan ka Hesti terkait bagaimana meningkatkan penjualan melalui media sosial. Saat ini, teknologi tentu sangat berkembang semakin pesat dan sudah banyak masyarakat yang memiliki usaha dan berjualan di media sosial seperti Instagram, Tiktok, atau Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial, yaitu sering promosikan kepada calon pembeli terkait produk yang akan dijual. Promosi tersebut bisa berupa postingan atau video yang menarik. Selain itu, ka Hesti juga perlu memperbanyak relasi agar produk yang kaka jual mendapatkan calon pembeli yang lebih banyak. Penjualan di media sosial juga harus dipertimbangkan terkait bagaimana cara kita memberikan penawaran yang menarik, harga terjangkau, dan foto produk yang menarik. Semoga ka Hesti dapat menerapkan cara-cara tersebut dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Report Salma's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Selamat pagi Ibu Hesti Noviani, perkenalkan saya Ridho Muhammad dari Startbiz Indonesia. Sebelum saya menjawab pertanyaan ibu mengenai peningkatan penjualan melalui sosial media, mungkin saya jabarkan terlebih dahulu apa itu pemasaran melalui sosial media.

Secara umum ada 2 tipe pemasaran melalui sosial media, yaitu (1) pemasaran untuk meningkatan brand awareness terhadap produk; (2) pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk.

(1) Pada pemasaran untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk, kita akan berusaha untuk membuat produk kita dilihat dan dikenali oleh pasar. Biasanya hal ini dilakukan pada produk-produk yang masih baru dan belum dikenal oleh pasar. Dengan adanya pemasaran tipe ini, produk kita akan lebih mudah dikenali dengan pasar, dan ketika pasar membutuhkan suatu produk yang memiliki kesamaan dengan nilai produk kita, maka pasar akan membeli produk kita.

(2) Pada pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk, kita akan berusaha untuk mencari dan menemukan pasar yang memiliki kebutuhan akan produk kita atau sering disebut dengan pasar potensial. Dengan tipe pemasaran ini, maka produk kita akan lebih mudah ditemukan oleh pasar potensial tersebut, dan terjadilah pembelian produk.

Dari 2 tipe pemasaran di atas, dalam dunia marketing lebih dikenal dengan AIDA Marketing, yaitu Awareness (Kesadaran), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Aksi / Pembelian) + Retention (Mempertahankan). Dimulai dari membangun Kesadaran terhadap produk dan merek kita, kemudian membangun minat pasar terhadap produk kita (bahwa sebenarnya pasar itu membutuhkan produk kita), kemudian membuat pasar menginginkan produk kita, dan akhirnya pasar pun akan membeli produk kita, untuk kemudian akan kita pertahankan pelanggan tersebut dengan layanan pelanggan.

Kembali ke pokok pembahasan mengenai meningkatkan penjualan melalui media sosial, maka dengan adanya cara pemasaran di atas, sebenarnya pemilik usaha memiliki 2 alternatif cara, yaitu:

(1) Menggunakan AIDA Pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui sosial media. Yaitu dengan cara membuat strategi pemasaran sosial media mulai dari (1) Awareness (postingan seperti mengenai produk, latar belakang, dll); (2) Interest (postingan seperti keunggulan produk, dll) ; (3) Desire (postingan seperti alasan kenapa orang harus membeli produk); dan (4) Action (seperti postingan mengajakan orang untuk membeli produk) Kelebihan: + Pemasaran jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan usaha dalam jangka panjang + Memiliki pelanggan yang loyal terhadap produk + Banyak informasi online gratis yang memberikan bagaimana cara membuat konten sosial media yang bagus dan menarik Kekurangan: - Waktu pemasaran yang relatif lama (minimal 3-6 bulan) - Membutuhkan SDM yang ahli pada bidang desain, penulisan, dan riset pasar - Membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika mengambil SDM dari luar usaha

(2) Menggunakan Social Media Marketing untuk meningkatkan penjualan melalui sosial media. Yaitu dengan cara membuat kampanye pemasaran melalui Facebook / Instagram Ads. Cara ini merupakan cara instant, istilahnya jalan pintas untuk strategi AIDA Marketing di atas. Kelebihan: + Membutuhkan biaya yang relatif sedikit (tergantung lamanya iklan) + Cepat mendapatkan pelanggan dan melakukan penjualan + Banyak informasi online gratis yang memberikan bagaimana cara beriklan di Facebook dan Instagram Kekurangan: - Pemasaran jangka pendek (hanya sampai durasi iklan habis) - Membutuhkan SDM yang ahli di bidang Sosial Media Marketing (riset pasar) - Jika sosial media tidak dikelola dengan baik, maka sulit mempertahankan pelanggan - Bisa mengalami kerugian jika riset pasar tidak dilakukan dengan benar dan tidak mendapatkan pasar yang potensial dengan tepat

Report Ridho's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Hallo Ibu Hesti Noviani. Perkenalkan saya Nadhira Anggun, izinkan saya memberikan jawaban terkait pertanyaan yang ibu tanyakan. Langkah pertama yaitu menentukan media sosial yang akan digunakan. Apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau yang lainnya. Selain itu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai kesesuaian antara media sosial yang akan digunakan dengan audience (misalnya berdasarkan usia dan jenis kelamin). Jika targetnya adalah anak muda, lebih efektif menggunakan Instagram. Tapi, jika target lebih general ke semua kalangan, Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat. Cobalah tentukan social media utama yang akan digunakan, misalnya target pasarnya adalah anak muda, berarti lebih cocok menggunakan Instagram sebagai social media utamanya, dan bisa menjadikan Facebook, Twitter, dan lainnya sebagai social media pendukung. Apabila sudah mengetahui media sosial yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah menentukan konten yang ingin dibagikan. Jika social media yang dipilih adalah Instagram, modal utamanya adalah memiliki foto instagramable. Untuk permulaan, bisa menggunakan kamera smartphone yang dimiliki dan ambil beberapa foto produk dengan angle yang menarik. Pilihlah waktu-waktu yang tepat dan momen yang pas untuk melakukan promosi. Adapun tahapan terakhir yaitu melakukan analisis terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan di media sosial. Ibu dapat menganalisisnya berdasarkan dampak dari konten-konten yang bagikan seperti, jumlah like, respons pada kolom komentar, dan juga pertumbuhan jumlah followers. Setelah melakukan analisis, bisa dilihat pola dari audience di media sosial. Misalnya, konten seperti apa yang mereka sukai, kapan waktu mereka paling sering mengakses konten yang berikan, dan bentuk promosi seperti apa yang dapat meningkatkan penjualan secara langsung. Sehingga dari pola tersebut ibu dapat melakukan inovasi ketika membagikan konten selanjutnya. Terimakasih semoga membantu.

Report Nadhira's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

hallo, selamat siang ibu, saya izin mencoba menjawab pertanyaan. langkah yang bisa kita lakukan dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial bisa dengan mempersiapkan 1. Gunakan media sosial khusus untuk berjualan: kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pebisnis, yaitu menggunakan akun pribadi untuk menjual produk mereka. Hal ini dapat menghambat promosi Anda karena algoritma media sosial tidak mendeteksi bahwa akun pribadi Anda diperuntukkan untuk jualan. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan akun bisnis di media sosial yang Anda gunakan, contohnya di Instagram. Akun Instagram yang sudah terdaftar sebagai akun bisnis maka Anda akan diberikan fitur-fitur penting untuk mendukung penjualan. 2. Gunakan foto produk yang menarik: Hal yang sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan yaitu menggunakan teknik fotografi untuk foto produk Anda. Apa pun produk yang Anda jual, foto produk yang akan ada post ke media sosial harus terlihat profesional. Anda bisa melakukan editing dengan filter yang ada di aplikasi atau menggunakan software khusus foto editing. 3. Gunakan fitur iklan yang sudah di sediakan media sosial: Dengan beriklan akan membuat produk Anda ditampilkan ke pengguna-pengguna media sosial yang memiliki ketertarikan dengan produk Anda. Semoga dapat membantu.

Report Daine Zahra's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Hallo selamat siang bu saya coba izin menjawab dan semoga bisa membantu jadi cara meningkatkan produk kita di media sosial yaitu yang pertama itu bisa dengan cara memberikan Penawaran Spesial karena dengan memberikan potongan harga bisa saja memangkas keuntungan yang didapatkan untuk kita. Yang kedua dengan menentukan target pasar jadi kita harus menentukan target pasar yang dituju. Ketiga bisa juga dengan memberikan visual produk kita dengan semenarik mungkin bisa berupa foto atau video.

Report Fitri's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Hallo ibu Hesti, perkenalkan saya Agnes Neva, izin menjawab pertanyaan ibu terkait cara meningkatkan penjualan melalui media sosial, yang pertama itu ibu harus memiliki media sosial khusus untuk berjualan dulu ya bu yang pastinya, seperti instagram, facebook, whatsapp, dan lain-lain. Setelah itu, ibu bisa mulai melakukan promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan, ibu harus bisa menggunakan foto produk yang semenarik mungkin, tapi tetap harus sesuai dengan keasliannya ya bu.. selain itu ibu juga harus selalu aktif media sosialnya agar ibu bisa cepat dan tanggap apabila ada orang yang merespon produk yang ibu buat. Dan jika ibu ingin produk ibu semakin meningkat penjualannya ibu bisa menggunakan jasa influencer, dengan begitu maka produk ibu akan lebih mudah dan banyak tersebar. Sekian jawaban dari saya, semoga membantu ya bu, salam sukses

Report Agnes Neva's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Caranya dengan fokus pada kepuasan pelanggan, menjadikan kualitas makanan sebagai prioritas, mempromosikan secara lebih luas seperti menjadi mitra di berbagai market place sehingga dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Dengan memanfaatkan sosial media juga kita dapat memberikan testimoni-testimoni dari pembeli sebelumnya untuk menarik minat pelanggan. Karena pemesanan dengan sosial media memilih melalui gawai, maka tata lah katalog produk sebaik mungkin dan pasang foto produk secara real/asli.

Untuk meningkatkan penjualan juga bisa dengan cara memberikan diskon atau membuat paket beberapa jenis produk yang dibandrol menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan membeli harga satuan. Selain itu, jika memiliki nomor WhatsApp ataupun sosial media pelanggan kita, sebagai penjual kita dapat melakukan terus interaksi dengan pelanggan kita agar menjadi dropshipper atau reseller, juga dapat memberikan informasi mengenai produk baru kita, atau diskon lainnya.

Report Citra's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Hallo kak,izin menjawab yaa. Untuk meningkatkan penjulan melalui media sosial yang paling penting itu kita dapat terus menyajikan produk yang berkualitas untuk pelanggan,termasuk pelayanan yang memuaskan dan terpercaya. Lalu sangat penting kita bisa memanfaatkan semua media sosial untuk melakukan promosi dengan menarik dan kreatif

Report Ananda Nurlaila's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Hallo kak, saya izin menjawab ya pertanyaan mengenai cara meningkatkan penjualan melalui media sosial. Pertama, tentukan media sosial yang populer agar lebih mudah dengan cara mencari yang paling banyak digemari sehingga produk kita berpeluang besar tampil diberanda mereka karena media sosial tersebut banyak penggunanya. Kedua, membuat konten digital dengan cara membuat logo dan poster produk yang bagus serta semenarik mungkin, usahakan kontennya yang variatif. Atau bisa juga mengaitkan konten dengan sesuatu yang viral. Ketiga, menggunakan hastag dan bila memungkin tak orang yang memiliki pengikut yang banyak agar konten promosi kita banyak yang lihat. Keempat, ubah akun tersebut menjadi akun bisnis jika tersedia karena biasanya ada riset waktu kapan viewers berkunjung. Hal itu dapat dimanfaatkan sebagai waktu strategis mengupload konten baru. Kelima, jika aanggaran untuk promosi sebaiknya menggunkan paid promote. Hal tersebut efektif karena berguna meningkatkan brand awareness dan berpeluang memiliki engagement yang lebih besar. Sekian, terima kasih.

Report Qori's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required

Halo, selamat siang ibu Hesti Noviani, izin menjawab ya. Cara meningkatkan penjualan yang paling tepat untuk saat ini adalah memanfaatkan media digital platform. Ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan mediasosial : 1. Gunakan media sosial khusus untuk berjualan Ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pebisnis, yaitu menggunakan akun pribadi untuk menjual produk mereka. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan akun bisnis di media sosial yang Anda gunakan, contohnya di Instagram. Akun Instagram yang sudah terdaftar sebagai akun bisnis maka Anda akan diberikan fitur-fitur penting untuk mendukung penjualan. 2. Gunakan foto produk yang menarik Apa pun produk yang Anda jual, foto produk yang akan ada post ke media sosial harus terlihat profesional. Anda bisa melakukan editing dengan filter yang ada di aplikasi atau menggunakan software khusus foto editing. 3. Gunakan influencer untuk memperluas pemasaran Influencer umumnya memiliki banyak follower. Dengan bekerjasama dengan mereka maka produk Anda akan langsung tersebar ke follower influencer tersebut. Sehingga ini menjadi kanal pemasaran yang cukup menarik untuk meningkat penjualan produk Anda. Atau bisa dengan membuat konten-konten yang konsisten. 4. Media sosial harus selalu aktif Rutinkan untuk terus memposting produk dan memanfaatkan fitur story. Semakin aktif akun Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan banyak orderan dan follower pun juga akan bertambah. 5. Membangun hubungan yang menarik dengan pelanggan Online marketing memungkinkan kamu untuk berinteraksi di dunia maya dengan para calon pelanggan dan bisa merespon permintaan mereka dengan cepat. Digital marketing menyediakan banyak medium yang bisa memfasilitasi komunikasi antara pemilik produk dengan calon pelanggan.

Report Erwin's answer

Note: your identity will not be shared with the person who sent you this message.
This field is required